Menyeimbangkan Karier dan Kehidupan Personal

Penulis : Yulia Permata Sari
Menyeimbangkan Karier dan Kehidupan Personal

sheknows.com

MENEMUKAN keseimbangan hidup merupakan strategi terbaik untuk bisa terus maju dan menjadi yang terdepan. Selain memfokuskan diri dalam mengejar karier profesional, Anda juga harus memberikan perhatian terhadap kehidupan personal.

Jika selama ini masih merasa kesulitan membagi waktu antara pekerjaan dengan hubungan sosial, ada baiknya menarik diri sejenak demi mendapatkan perspektif untuk menilai hal terpenting dalam hidup Anda.

Tetap fleksibel
Fleksibilitas merupakan kunci utama untuk memeroleh keseimbangan hidup. Cobalah sesekali membebaskan diri dari norma dan aturan yang selama ini membelenggu, karena hal tersebut hanya membatasi pilihan dan menimbulkan kebosanan. Jika berlangsung dalam jangka panjang, maka bisa memicu stres dan depresi.

Tidak sedikit orang yang begitu terbenam dalam pekerjaan setiap harinya, sehingga tidak memiliki waktu lagi untuk menikmati berbagai aktivitas yang dulu sangat digemari. Jika demikian keadaannya, mengubah lingkungan Anda merupakan cara paling sederhana untuk mengatasinya.

Coba rehat sejenak dan mengambil cuti untuk sebuah liburan impian yang selama ini diidam-idamkan. Jika tidak mungkin, rekreasi singkat ke tempat-tempat menarik di dalam kota pun sudah cukup memadai. Selain itu, bisa juga memanjakan diri dengan perawatan khusus di spa, atau membaca buku-buku menarik sebagai hiburan sekaligus memperkaya wawasan.

Menjaga kesehatan
Jika Anda seorang workaholic, jangan lupa memberikan perhatian lebih terhadap masalah kesehatan dan pola makan. Bekerja terlalu berat biasanya dapat membuat seseorang menderita sakit kepada atau migrain.

Selain itu, stres juga akan berdampak pada rendahnya tingkat kekebalan tubuh sehingga Anda menjadi gampang sakit. Jadi, ada baiknya mengonsumsi vitamin jika untuk meningkatkan daya tahan jika diperlukan.

Stay organized!
Untuk mengatur waktu bermain dan bekerja, gunakan kalender atau desktop planer sehingga Anda mengetahui kapan harus melakukan ini dan kapan harus melakukan itu. Lebih baik lagi jika mau menyimpan sebuah jurnal untuk membantu melewati situasi sulit, dengan menumpahkan berbagai emosi yang berkecamuk di dalamnya.

Memerhatikan orang terdekat
Keluarga dan sahabat merupakan tempat bersandar yang selalu dapat diandalkan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyisihkan waktu dan menjadikan mereka sebagai salah satu prioritas penting dalam hidup Anda.

Mencari proyek baru
Mengerjakan proyek baru selalu mampu memompakan semangat baru ke dalam diri Anda. Tidak perlu yang terlalu susah, cukup proyek kecil yang tidak terlampau menyita waktu. Misalnya, mempelajari sejumlah keahlian baru seperti memasak masakan Italia, melukis sketsa, merajut, belajar bahasa Perancis, dan lain sebagainya.

Selain itu, buka pikiran terhadap setiap kesempatan yang lewat di depan mata, baik dalam hal karier, hubungan pribadi, dan lain-lain.

0 komentar:

Post a Comment

T U G A S

English French German Spain Italian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

About Me

My photo
Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Followers

TAK GENDONG

LIVE MUSIC