Merencanakan Prestasi Kerja

Penulis : M-3
Merencanakan Prestasi Kerja

theretirementsolution.com

KARIER ibarat perjalanan seorang di dalam organisasi. Dinamis dan perlu persiapan matang, seperti mempersiapkan perjalanan yang memiliki banyak jalur dan berubah-ubah seiring dengan perkembangan tujuan yang akan dicapai. Dibutuhkan perencanaan dan persiapan yang matang dengan melakukan pengembangan yang relevan serta sesuai dengan kebutuhan bisnis dan organisasi.

Dengan perencanaan yang baik, Anda dapat menjadi lebih kompeten, produktif, percaya diri sehingga menjadi lebih berharga bagi organisasi. Cobalah langkah-langkah berikut:

  • Buatlah sasaran karier dan target yang realistis serta sesuai dengan minat dan kemampuan Anda.
  • Tentukan apakah Anda akan berkarier sebagai spesialis atau generalis. Ingat bahwa setiap pilihan menuntut kualifikasi yang berbeda. Spesialis lebih menekankan pada kompetensi perilaku dan teknis spesifik yang mendalam, sedangkan generalis menuntut pada keluasan dan keragaman kompetensi baik perilaku maupun teknis. Namun, tidak menutup kemungkinan Anda bisa berpindah dari spesialis ke generalis ataupun sebaliknya.
  • Penting untuk memahami struktur dan golongan yang ada karena ini akan menentukan arah pergerakan karier Anda. Prinsipnya adalah menghindari arah pergerakan karier yang mengarah pada target pekerjaan dengan golongan jabatan yang lebih rendah karena setiap pergerakan merujuk pada peningkatan.
  • Tetapkan ukuran target waktu untuk sampai pada suatu tingkat tertentu. Bila organisasi menetapkan standar penilaian kinerja tertentu, Anda harus menunjukkan kinerja yang memenuhi standar atau bahkan melampaui standar yang telah ditetapkan.
  • Kuasai kompetensi yang dipersyaratkan posisi saat ini. Penguasaan kompetensi dalam pekerjaan saat ini digunakan sebagai batu loncatan dan berkaitan dengan prasyarat pengalaman kerja ditetapkan posisi di tingkat berikutnya.
  • Ketahui prasyarat kompetensi yang ditentukan untuk posisi target sehingga arah pengembangan sebaiknya difokuskan pada penguasaan kompetensi pada sasaran tersebut.
Susunlah kemungkinan pergerakan karier sebanyak mungkin dengan tetap mempertimbangkan minat dan kemampuan. Selain untuk memperkaya pilihan karier, itu sebagai langkah antisipasi jika Anda mengalami hambatan di kemudian hari. (M-3)

0 komentar:

Post a Comment

T U G A S

English French German Spain Italian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

About Me

My photo
Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Followers

TAK GENDONG

LIVE MUSIC