Cara Bijak Gunakan Uang Plastik

Penulis : M-4
Cara_Bijak_Gunakan_Uang_Plastik

David Stuart/gettyimages.com

PERILAKU konsumtif individu bisa berujung pada sifat shopaholic atau compulsive buyer. Kesenangan seseorang bisa diperoleh dengan prilaku membeli, bukan pada manfaat barang yang dibelinya.

Penyebab utang sering kali lebih pada faktor psikologis. Misalnya ketika kasih sayang ditunjukkan dengan cara yang berlebihan.

Untuk itu berhati-hati saat menggunakan kartu kredit. Berikut beberapa tip yang perlu Anda cermati.

* Ada baiknya bertanya selengkap mungkin mengenai kartu kredit pada pihak bank. Seperti limit, jangka pembayaran, bunga, iuran tahunan, bagaimana cara menutup kartu kredit, dan lainnya. Pahami produknya dan pastikan manfaatnya.

* Jangan pernah melkukan mark up besarnya gaji Anda untuk mengelabuhi pihak bank. Biarkan pihak bank mengetahui gaji Anda yang sebenarnya dan menghitung kemampuan membayar Anda. Memang limit akan kecil, namun Anda akan sangat tertolong karena tagihan cukup realistis.

* Gunakan kartu kredit dengan bijak dan rasional. Biasakan untuk menghitung pengeluaran dan pemasukan tiap bulan sehingga diketahui seberapa besar uang yang bisa dihabiskan.

* Kartu kredit sebetulnya memiliki banyak kelebihan, seperti mudah membayar tagihan bulanan, tiket pesawat, hingga hotel. Namun, menurut psikolog Winarini Wilman Dahlan, banyak orang yang tak bisa mengenali mana kebutuhan dan keinginan.

* Jika gaya hidup tak sebanding dengan pengeluaran, jangan membebankan biaya tersebut pada kartu kredit, tapi imbangi dengan kerja keras sehingga pemasukan meningkat untuk mengimbangi pengeluaran.

* Hati-hati dengan prinsip gali lubang tutup lubang yang sering disarankan untuk menutup utang kartu kredit. Karena, dalam banyak kasus malah menyebabkan utang semakin banyak.

* Jika telah terbelit utang kartu kredit, bersikaplah kooperatif dengan pihak bank dan ceritakan permasalahannya. Umumnya bank akan membantu penyelesaian utang jika nasabah bersikap kooperatif. Lari dan bersembunyi dari kejaran utang bukanlah solusi, malah menambah permasalahan.

* Lunasi segera utang kartu kredit. Karena, dengan sistem bunga berbunga, semakin ditunda utang akan semakin membengkak.

* Jika tak memiliki uang tunai untuk membayar, perhitungkan barang-barang atau aset yang bisa dijual untuk membayar.

* Sejumlah lembaga hukum, termasuk yang kerap mengiklankan diri di koran, bisa membantu mengurangi cicilan dan bunga. Namun, besaran toleransi ini variatif. Namun, pengguna jasa mereka mesti siap menyediakan uang jasa dan tentunya mesti siap berjuang berhadapan dengan pihak bank. Siapkah Anda? (M-4)

0 komentar:

Post a Comment

T U G A S

English French German Spain Italian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

About Me

My photo
Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Followers

TAK GENDONG

LIVE MUSIC